Overview

Sebagai perusahaan yang berfokus pada pengembangan sumber daya manusia, TITIK TEMU DAYA sangat memperhatikan kualitas para pendidik khususnya guru yang menjadi ujung tombak dalam penyelenggaraan pendidikan formal. Tantangan jaman dengan segala kelebihan dan kekurangannya (artificial intelegence, media social, metaverse) menjadi hal yang penting untuk diperhatikan pendidik. Titik Temu Daya meyakini kurikulum Merdeka yang baru saja diluncurkan ini memiliki kerinduan yang sama akan lahirnya sumber daya yang tanggap jaman.
Guru yang merdeka tentunya memiliki pola pikir yang kreatif, menjadi sumber inspirasi dan mampu menciptakan suasana belajar yang sesuai dengan karakter dan kebutuhan siswa. Model guru seperti ini bukan terpaku pada buku paket kiriman pemerintah, namun menjadikannya titik acuan dan dikembangkan dengan teknologi yang sederhana maupun yang high tech demi kemajuan anak didiknya. Istilah lainnya berpikir global, HOTS (High Order Thinking Skill), namun berbasis lokal dan ekologis.
Model belajar yang merdeka berpusat pada siswa, menggunakan teknologi sebagai sarana dan peka terhadap masalah yang kontekstual di sekitar. Maka, pembelajaran yang seperti ini dikembangkan dengan model yang eksperiensial, berbasis projek, reflektif, kreatif, dan inovatif.
Oleh sebab itu, TITIK TEMU DAYA membuat program pembekalan dan pelatihan GURU KRYATIVE BERDAYA untuk mencetak guru-guru yang bukan hanya mengajar, namun juga mampu mengarahkan anak didiknya untuk menemukan ilmu, mengembangkan ilmu dan menerapkan ilmu tersebut secara konkret dengan metode pembelajaran yang asyik, menarik dan tidak membosankan. Model ini tentunya menjadi tambahan dari teori-teori yang sudah diterima mahasiswa di kampus, namun mungkin belum terlalu menjawab kebutuhan di lapangan (refleksi dari sekolah-sekolah yang menjadi mitra TITIK TEMU DAYA).
Proses pembelajaran dilakukan dengan experience learning, dimana peserta harus mengimplementasikan materi yang diperolehnya dalam bentuk mini project tiap minggunya dan final project di akhir proses pembelajaran. Pemberian materi akan diberikan secara synchronous (melalui pertemuan daring). Selain praktek mengajar, setiap materi yang diberikan akan dilengkapi dengan evaluasi / kuis / latihan untuk memastikan pemahaman peserta, juga terdapat proses konsultasi dan konseling selama pelatihan bagi peserta yang membutuhan pengayaan materi. Selain hard skills dalam proses pengajaran, peserta juga akan diberikan kompetensi soft skills yaitu kemampuan untuk berkomunikasi, disiplin kerja, manajemen waktu, manajemen konflik dan stress  serta bekerja dalam tim. Program Guru Kryative Berdaya ditutup dengan final project, dimana peserta akan digabungkan dalam tim dan diminta membuat buku yang berisi metode pembelajaran yang menyenangkan untuk anak didik yang nantinya bisa menjadi tambahan referensi bagi para guru di Indonesia.
 

Fasilitas

  • Sertifikat Pelatihan
  • Penempatan Kerja
  • Pengembangan Karir di tingkat Nasional dan Internasional
  • Tergabung dalam Komunitas Guru Kryative Berdaya

Prasyarat Training

Peserta merupakan Mahasiswa, diutamakan dari fakultas keguruan, namun tidak menutup kesempatan bagi mahasiswa dari fakultas lain yang berminat belajar menjadi Guru. 
Peserta akan melalui 3 tahapan seleksi yaitu : 
- Seleksi administratif untuk memeriksa kelengkapan dan kesesuaian berkas kandidat peserta
- Seleksi psikotes secara daring untuk mengetahui profil psikologi peserta dengan menggunakan alat tes Papikostik dan WPT (Wonderlic Personnel Test)
- Seleksi interview secara daring untuk mengetahui motivasi peserta dalam mengikuti program

Metode Training

Program Guru Kryative Berdaya akan dilaksanakan secara daring (synchronus dan asynchronous) dengan proses pembelajaran secara individu; serta final project dimana peserta akan merancang sebuah e-modul panduan metode mengajar untuk para guru di era digital.
Pada final project peserta akan digabungkan dalam kelompok-kelompok kecil yang beranggotakan maksimal 5 peserta, dimana setiap kelompok diminta mengerjakan sub – sub bagian dari e-modul yang nantinya dari kelompok-kelompok kecil ini akan digabungkan menjadi sebuah e-modul panduan metode pembelajaran.
 

Manfaat dan Tujuan

  • Peserta dapat mejadi pengajar yang sesuai dengan kebutuhan pengajar di era digital. 
  • Peserta membuat buku yang berisi metode pembelajaran yang menyenangkan untuk anak didik yang nantinya bisa menjadi tambahan referensi bagi para guru di Indonesia.

Materi


List materi belum tersedia. Silahkan hubungi CS kami.
Price
Rp. 4.000.000
Rp. 2.743.000
Ikuti Training

Program GURU KRYATIVE BERDAYA hadir untuk memberikan pengalaman untuk mahasiswa untuk menjadi guru Abad 21 yang berdaya, kreatif dan inovatif.

    Course Features

  • Duration 100 Hari
  • Quizzes 0
  • Assessments Yes