Sahabat daya, tempat kerja merupakan rumah kedua bagi kita. Pasti setuju dong, kenapa? Karena hampir separuh waktu kita selama 24 jam kita habiskan di tempat kerja. Bekerja 8 jam, kalau ada tugas lembur bisa jadi 12 jam sendiri kita habiskan di tempat kerja. Maka dari itu kita juga harus pintar memilih tempat kerja yang memenuhi aspek K3 dengan baik.
Apa saja sih objek yang menjadi perhatian dalam pemenuhan K3? Kita akan bahas mulai dari Objek Pengawasan Kesehatan Kerja dulu ya, yang sering menjadi perhatian adalah : 1. Pelayanan Kesehatan, sarana dan prasarana Kesehatan, tenaga kesehatan dan organisasi kesehatannya.
Yang dimaksud dalam poin ini adalah apakah di perusahaan terdapat klinik dan personil kesehatannya; atau apabila tidak ada klinik didalam perusahaan minimal perusahaan bekerjasama dengan klinik rekanan atau mitra untuk menjaga kesehatan pekerjanya.
2. Pemeriksaan Kesehatan tenaga kerja
Pemeriksaan kesehatan yang dimaksud disini adalah :
- saat baru masuk bekerja
- pemeriksaan kesehatan secara berkala
- pemeriksaan kesehatan khusus terhadap tenaga kerja tertentu
- pemeriksaan kesehatan purna tugas yang dilakukan 3 bulan sebelum pekerja pensiun.
Hal ini penting untuk bisa mendeteksi Penyakit Akibat Kerja (PAK).
3. P3K, Personil, Kotak P3K, isi Kotak P3K
Nah ini kita sebagai pekerja harus peka nih sahabat daya, coba perhatikan di area kerja kalian. Apakah perusahaan menyediakan kotak P3K yang lengkap dengan isinya? Serta ada control dari masa kadaluarsa obat didalamnya? Dan perlu diketahui juga siapa personil P3K yang ditunjuk oleh perusahaan pada saat ada kejadian yang tidak diinginkan terjadi. Kita sebagai pekerja harus tahu menghubungi siapa dan kemana.
4. Gizi kerja; pengelolaan kantin / catering bagi pekerja
Sahabat daya, beberapa perusahaan ada yang menyediakan Gizi kerja ini dalam bentuk uang makan atau ada juga yang berupa catering dari perusahaan. Bila sahabat daya mendapat dalam bentuk uang makan maka harus bijak dalam mengelolanya agar bisa direalisasikan dalam bentuk makanan yang baik untuk Kesehatan kita, bukan makanan yang kurang sehat. Apabila perusahaan menyediakan dalam bentuk catering biasanya sudah ada standar tersendiri untuk menu 4 sehat 5 sempurna.
5. Ergonomi
Sahabat daya mungkin ada yang baru mendengar ergonomi. Ergonomi merupakan ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam kaitannya dengan pekerjaan mereka. Singkatnya adalah bagaimana manusia berperilaku dalam penyesuaian tugas pekerjaan dengan kondisi tubuhnya. Upaya yang dilakukan antara lain berupa menyesuaikan ukuran tempat kerja dengan dimensi tubuh agar tidak melelahkan, pengaturan suhu, cahaya dan kelembaban bertujuan agar sesuai dengan kebutuhan tubuh manusia. Nah bagaimana ditempat kerja sahabat daya? Apakah hal hal diatas diatur dengan baik?
Semua hal diatas menjadi konsen perusahaan untuk membuat pekerjanya nyaman dan sehat.
Nah bagaimana dengan sahabat daya sekalian? Kalau perusahaan sudah menfasilitasi semua dengan baik, tentunya tidak ada lagi alasan untuk tidak produktif.